Kamis, 19 Oktober 2017

menghafal qur'an ketika sibuk


Menghafal Al-Quran cukup 10 menit
Menghafal Al-Quran 10 menit yang dimaksud adalah menggunakan waktu 10 menitsetelah sholat fardu lima waktu.
njenengan menghafal Al-Quran satu halaman setiap harinya.Satu halamanterdiri dari 15 baris menggunakan Al-Quran Pojok Rasam Utsmaniy.
Dan 1 halamandibagi 5 waktu sholat dalam sehari-semalam dengan lama waktunya masing-masing10 menit. Atau dengan kata lain antum-antunna memerlukan waktu 50 menit sahaja.
Ya hanya 50 menit... 1 jam kurang 10 menit. Jika dibandingkan dengan waktuantum-antunna sia-siakan sungguh sangat sedikit sekali.
Antum-antunna hanyamenghafal 3 baris saja dalam waktu 10 menit setelah sholat fardhu. 3 baris x 5waktu = 15 baris atau sama dengan 1 halaman.
Sedangkan Al-Quran pojok terdiridari 604 halaman. Berarti antum-antunna akan hafal Al-Quran dalam masakira-kira 1 tahun 8 bulan 15 hari.
Bukankah 10 menit itu mudah dan ringan bagi antum-antunna untuk melakukannya?Terlebih ia akan mengangkat kedudakan antum-antunna di sisi Alllah SWT danmakhluk-makhluk- Nya serta antum-antunna akan bersama para Malaikat yang baik danmulia.
Selanjutnya cara tersebut kita perinci sebagai berikut;
1. 10 menit setelah sholat shubuh; menghafal 3 baris = kurang lebih 20 kalimat saja. Ini seperlima bagian pertama.
2. 10 menit setelah sholat dhuhur; menghafal 3 baris. Ini seperlima bagian kedua.3. 10 menit setelah sholat ashar; menghafal 3 baris. Ini seperlima bagian ketiga.
4. 10 menit setelah sholat maghrib; menghafal 3 baris. Ini seperlima bagian keempat.
5. 10 menit setelah sholat isya; menghafal 3 baris. Ini seperlima bagian kelima.6. Terakhir menutup hari dengan sholat witir 3 atau 5 rakaat dan didalamnya
membaca hafalan 1 halaman yang telah didapat pada hari itu. Ini sekaligus dijadikan sarana muraja'ah harian yang efektif...
Menghafal AL-QUR'AN butuh perencanaan yang baik,kapan selesai 30 juz,bulan ini harus sampai juz berapa. Perencanaan ini harus detail berikut bulan dan tanggalnya.
MENGAPA HARUS DEMIKIAN?Karena perjuangan menghafal Al-Qur'an sangat luar biasa,membutuhkan kesabarandan keteguhan.
Tanpa perencanaan dan penentuan target yang jelas,maka kita akan tunduk kepada kemauan hawa nafsu kita dan terjajah oleh diri kita sendiri.
Dengan perencanan kita akan tunduk kepada target dan jadwal,bukan kepada hawa nafsu kita. Inilah kunci keberhasilan hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar